SURVIVAL DI KUTUB

Kamis, 11 Oktober 20120 komentar





Suhu udara musim dingin dibawah 0 dan membeku. Angin badai dapat menerbangkan salju setinggi 30 m ke udara. Angin dengan kecepatan 20 mph bisa membawa suhu udara minus 14 derajad celcius sampai minus 34 derajad celcius. Hari-hari diwarnai oleh gelapnya musim dingin hingga 24 jam. Hari terang di saat musim panas.

Bepergian

Bangun shelter dekat dengan pesawat atau kendaraan! Pindahlah, jika usaha penyelamatan tidak terlalu pasti. Dinginnya udara bisa membuat peredaran darah menjadi lambat, oksigen sedikit sampai di otak, dan kita malas dan serta sulit berpikir dengan baik. Rencanakan segala sesuatunya ketika anda masih dapat berpikir dengan jernih!

Navigasi menjadi sulit ketika berada di daerah yang luas dan tidak berbukit. Jangan bepergian pada saat badai salju. Es laut berubah menjadi lumpur salju di kala musim panas, dan tundra menjadi sangat basah dan berlumpur.
Jangan membuat shelter dekat dengan air yang sering merupakan habitat lalat hitam dan nyamuk. Lindungi kulit, gunakan masker di wajah dan bakar kayu untuk mengusir mereka.

Navigasi

Kompas tidak dapat dipercaya di daerah Kutub, jadi gunakan perbintangan dan bepergian di malam hari. Saat siang hari gunakan metode bayangan tongkat (shadow stick method).

Jangan menggunakan karang es atau petunjuk yang jauh untuk mencari arah, gumpalan es terapung mudah bergerak dan berubah. Jika pecahan es mengapung memaksa anda pindah, melompatlah hingga kira-kira 60 cm dari ujung es.

Hindari karang es, mereka bisa berputar tanpa sepengetahuan anda. Jangan mendayung dekat dengan tebing es, mereka bisa jatuh seketika menimpa anda.

Observasi Burung-burung: di daerah es rapuh, unggas liar pergi menuju dataran, burung laut pergi ke laut di siang hari dan kembali ke dataran di malam hari.

Awan, diatas laut terbuka dan dataran tanpa es, terlihat hitam dibagian bawahnya; dan diatas air laut membeku, berwarna putih. 

Air dari es membeku bisa membunuh
Jatuh ke air yang membeku bisa membuat anda berhenti bernafas seketika. Tubuh kehilangan kendali atas dirinya karena otot-otot menjadi lemas, kesadaran menghilang, dan kematian akan segera mengikuti selama kurang lebih 15-20 menit. Bertahanlah! Ambil tindakan! Bergerak cepat ke daratan. Bergulung di salju untuk menyerap air. Cari shelter dan keringkan perlengkapan anda secepatnya.

Pakaian
Cuaca sangat dingin bisa membekukan tubuh anda yang terbuka dalam hitungan menit. Lindungi bagian tubuh anda. Gunakan pakaian dengan tali karet; lindungi wajah dengan penutup kepala. Lindungi leher dengan sweater. Ikat bagian bawah celana panjang anda untuk mencegah panas keluar. Jika anda berkeringat, kendorkan ikatan atau buka penutup kepala dan leher.

Bagian luar pakaian harus windproof, tetapi tidak waterproof, yang bisa memerangkap uap air di dalam. Kulit binatang paling ideal sebagai pakaian. Bagian dalam pakaian harus memiliki insulasi agar udara dapat keluar masuk dengan mudah. Wool baik untuk bagian dalam pakaian. Wool tidak menyerap air dan hangat, bahkan ketika lembab. Katun menyerap cairan dan dengan cepat menghilangkan panas ketika basah.

Sepatu

Sepatu boot tahan air dengan bagian tapak kaki terbuat dari karet adalah yang paling ideal. Mereka juga harus memiliki ruang bernafas (insulasi). Pakai tiga pasang kaos kaki yang berbeda ukuran, agar yang lain bisa masuk ke kaos kaki yang sudah terpasang, dan tidak berkerut. Bagian dalam sepatu sebaiknya yang berlapis-lapis, dengan bagian paling luar terbuat dari bahan yang lembut.
Sepatu salju
Skiing baik dilakukan di salju yang cukup keras. Sepatu salju baik digunakan di salju yang lembut. Angkat kaki tanpa membuat sudut, mengusahakan agar sepatu sedatar dengan dataran sebisa mungkin.

Shelter
Hindari angin! Cari perlindungan alami, tetapi hindari tempat dimana ada tumpukan salju, reruntuhan salju atau kemungkinan batu jatuh yang bisa mengubur anda hidup-hidup. Hindari pohon yang banyak saljunya, supaya dahan tidak jatuh menimpa anda. Sisakan lubang ventilasi dalam perlindungan anda, khususnya jika anda membuat api.

C.O.L.D.
Kunci untuk tetap hangat
Keep it Clean-tanah dan minyak/lemak bisa menghalangi udara.
Hindari Overheating (panas berlebihan)- biarkan udara bertukar dan mengalir
Gunakan apa pun itu Loose (tidak terlalu ketat)-biarkan udara bertukar
Keep it Dry- dalam maupun luar

Api
Sumber bahan bakar terbatas: kayu kering, anjing laut dan lemak burung, bahan bakar dari reruntuhan - dalam cuaca dingin ekstrim, pakai minyak atau ambil minyak dari tempatnya sebelum membeku. Bisa digunakan di dataran ketika minyak menjadi padat. Di daerah tundra, bisa ditemukan dan digunakan pohon willow, birch scrub dan juniper.

Air
Di musim panas, air sangat berlimpah. Kolam air bisa terlihat berwarna coklat dan terasa payau, tetapi tumbuhan di dalamnya membuat air bisa tetap segar dan diminum. Jika ragu, masaklah.

Di musim dingin, cairkan es dan salju. Jangan makan potongan es, karena bisa melukai mulut anda dan menyebabkan dehidrasi lebih lanjut. Genggam salju sehingga berbentuk bola kecil sebelum menghisapnya. Ingat, jika anda sudah kedinginan dan lelah, memakan salju bisa menyebabkan tubuh anda semakin kedinginan.

Makanan
Kemungkinan survival terbaik jika anda ada di sepanjang pantai, dimana ada makanan seperti ikan, anjing laut, burung laut. Mereka biasa ada di daerah itu.

Antartic: Lumut dan sejenisnya adalah tanaman satu satunya. Kebanyakan burung bermigrasi di musim gugur, tetapi penguin tetap ada di sana. Mereka mudah ditangkap ketika sedang bertelur atau menjaga sarang.

Arctic: Rubah kutub seringkali mengikuti beruang kutub untuk mencari sisa makanan dari beruang. Kebanyakan mahkluk suka bermigrasi dan tersedia tergantung pada musim.

Tundra dan Hutan: tumbuhan dan binatang tersedia sepanjang tahun. Tumbuhan di daerah tundra lebih kecil dibandingkan kebanyakan spesies lain.

Tumbuhan beracun: Mayoritas tumbuhan arctic bisa dimakan. Hindari cemara air, juga jamur. Pastikan bahwa anda bisa membedakan antara jenis lumut dengan jamur.

Binatang yang bisa dimakan 
Kijang, must-ox dan rusa besar, serigala, berang-berang, wolverines, dan binatang semacam musang hidup di daerah Tundra. Rubah tinggal di tundra pada musim panas, dan di area terbuka pada musim dingin. Mereka bisa menjadi indikasi adanya mangsa-mangsa kecil seperti kelinci gunung, tupai dan tikus kecil. Beruang dan walrus sangat berbahaya. Jauhi mereka, kecuali anda bersenjata. 

Berburu dan Membuat perangkap
Jejak di salju mudah untuk diikuti. Tetapi lebih baik tinggalkan jejak dengan menancapkan bendera berwarna terang dengan tongkat cukup panjang sehingga tidak tertimbun salju.

Kijang bisa dipikat dengan melambaikan bendera atau ketika anda berjalan merangkak. Tupai tanah dan marmot akan berlari ke arah anda jika anda berada diantara mereka dan sarang mereka. Mencium bagian belakang telapak tangan anda dan membuat suara seperti tikus atau burung terluka bisa menarik mangsa anda. Carilah tempat tersembunyi dan tidak terkena angin. Bersabar! Dan terus berusaha.

Jika anda memiliki senjata seperti senapan, panah, atau ketapel yang bisa ditembakan dari bawah, berbaringlah di antara semak-semak dibelakang tumpukan salju atau buatlah pelindung dengan baju anda.

Burung hantu, gagak dan burung buas lain relatif jinak dan mudah ditangkap pada saat musim dingin. Banyak burung rontok bulunya di musim panas dan membuat mereka sulit terbang. Telur mereka bisa dimakan pada masa apa saja ketika embrio berkembang.

Anjing laut bisa menyediakan makanan, pakaian, dan lemak. Mereka sangat rentan di atas es dengan anak mereka (yang biasa lahir bulan maret hingga juni). Anak anjing laut tidak bisa berenang. Di luar waktu beranak, tangkaplah anjing laut melalui lubang es yang biasa menjadi tempat pernafasan mereka. Pentung kepala mereka ketika mereka muncul dari lubang untuk bernafas. Perbesar lubang dan tarik bangkainya. 

Beruang kutub memakan anjing laut dan ikan. Kebanyakan dari mereka ingin tahu dan mendekat kepada anda. Bertindaklah dengan hati-hati dan waspada.

Selalu masak daging: karena otot/daging membawa cacing trichinosis. Jangan pernah memakan liver dari anjing laut atau beruang kutub, yang memiliki konsentrasi vitamin A yang begitu banyak dan bisa mematikan.

Mempersiapkan daging
Keluarkan darah, keluarkan isi perut, dan kuliti ketika bangkai masih hangat. Sembunyikan sebelum membeku. Potong daging sesuai porsi yang cukup untuk anda, dan bekukan. Jangan memanaskan daging- makan sisa daging selagi dingin. Biarkan semua lemak, kecuali lemak anjing laut. Pindahkan lemak anjing laut, taruh ditempat aman sebelum membusuk.

Kesehatan di daerah Arctic
Frostbite, hypothermia dan kebutaan akibat salju adalah bahaya-bahaya utama di daerah tundra. Usaha-usaha untuk mengesampingkan papan di shelter bisa berakibat pada kurangnya oksigen dan keracunan karbon monoksida. Berpikir menjadi lambat. Maka tetaplah waspada dan aktif, tetapi hindari kelelahan dan simpan energi untuk tugas-tugas mendesak. Tidurlah sebanyak mungkin – anda tidak akan membeku dalam tidur anda, kecuali anda sangat kelelahan, dan tidak bisa memproduksi panas sendiri ketika tidur. Gerakkan tangan dan jari kaki. Ambil langkah-langkah menghindari frostbite.

Hindari menumpahkan bahan bakar ke kulit anda, karena bahan bakar akan membeku dan merusak kulit anda. Jangan menahan buang air besar yang bisa membuat sembelit. Atur senyaman mungkin kapan harus buang air besar, sehingga ketika bepergian, anda tidak akan terganggu.

Memandang salju bisa menyebabkan kebutaan. Lindungi mata dengan kacamata atau ambil secarik kain atau sepotong kayu tipis untuk melindungi mata. Warnai kain atau kayu tipis itu dengan arang untuk menahan terang nya salju.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Materi Pramuka - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger